Laman

Adsense

Rabu, 03 November 2010

EXCEL 2007 : MERUBAH ANGKA MENJADI TULISAN a.k.a. TERBILANG

Terinspirasi dari seorang rekan kerja yang mengalami kesulitan dalam menulis terbilang dari suatu angka. Sering kali salah tulis karena masih manual. Nah, saya mau sekedar berbagi ilmu buat teman-teman.


Sebenarnya, untuk membuat angka menjadi teks, bukan memakai rumus atau formula Excel biasa. Tapi, memakai sebuah fasilitas lain yaitu makro excel. Kita lewati cara pembuatan makro excel ini. Adapun file makro terbilang ini dapat diunduh disini
http://www.ziddu.com/download/12362435/terbilang.zip.html

Untuk bisa menerapkan makro ini, berikut adalah petunjuk singkatnya.
Setelah berkas (file) di atas Anda unduh (download) di , bukalah dengan aplikasi pembaca teks. WordPad atau Notepad.

  • Bukalah berkas Excel yang baru, atau berkas milik Anda yang ingin ditambahi kode ini. Tekan Alt + F11. Langkah ini akan membuka satu jendela khusus untuk Visual Basic Editor.

  • Di bagian VBAProject di panel sebelah kiri, klik-kanan ThisWorkbook > Insert > Module.











  • Di bagian kosong yang terbuka di bagian kanan, tuliskan kode macro yang tadi dibuka di WordPad. Silakan salin-dan-tempel (Copy Paste istilahnya).
  • Kembalilah ke jendela Excel Anda, dan cobalah tuliskan formula terbilang di salah satu sel.Misalnya, tulislah =terbilang(1200000) maka hasilnya akan berupa tulisan satu juta dua ratus ribu rupiah. Anda juga dapat menulis formula dengan =terbilang(A2), misalnya, dan sel A2 berisi angka yang ingin dibuat teks.
Perhatian:
Bila macro di aplikasi Excel Anda tidak dapat dijalankan, periksalah bagian Macro security. Caranya lihat gambar di bawah ini

Selamat Mencoba temans....

1 komentar:

  1. seandainya seperti ini : Rp. 5.000,- (Lima ribu rupiah), jadi ada tambahan "kurung (" dan Huruf kapital pada kata pertama saja serta ditutup dg ")" seperti itu bisa nggak ya?

    BalasHapus